Strategi pemasaran online dengan Media Sosial Facebook

Media Sosial, hmm dua kata itu  sudah enggak asing lagi di dengar oleh semua kalangan entah itu remaja, Anak kecil, Orang dewasa semua pasti pernah menggunakan yang namanya media Sosial atau yang lebih akrab kita sebut dengan Sosmed.
Strategi pemasaran dengan facebook


Media Sosial merupakan salah satu bentuk perwujudan dari beberapa jenis website selain Blog dan toko online. Seperti yang sobat ketahui bahwa di tahun ini baanyak banget Media Sosial yang bisa pakai dengan gratis Seperti Facebook, Twitter, Google plus, Linkedin,  Instagram dan masih banyak lagi.

Mereka menggunkan Sosmed tujuan utamanya adalah Bersenang  senang,  Namun tak jarang juga Media sosial dimanfaatkan oleh pebisnis online untuk Melariskan Produknya.

Ada banyak Strategi yang harus di gunakan saat kita memasarkan produk dengan mediia Sosial, Teknik nya sangat banyak ada teknik baik dan ada juga teknik yang curang. Teknik Curang belum tentu salah dan teknik yang baik belum tentu benar atau bahkan sebalik nya.

Alasan menggunakan sosial media sebagai Pemasaran Online

Kita sebagai pebisnis online melariskan sebuah produk di media Sosial (sosmed) Pasti ada alasan nya, Alasan yang paliing umum adalah :

  • Karena Banyak pengguna
  • Cenderung Lebih instan
  • Engggak perlu mikirin Seo
  • Bisa di lakukan tanpa batas waktu


Berbisnis di Sosial media bukanlah hal yang mudah, Buktinya ya masih banyak dari mereka yang gagal dalam memasarkan sebuah produk di sosmed.  Nah, maka dari itu sebelum anda terlanjur gagal dalam memasarkan sebuah produk apapun (Entah itu link ataupun barang) Di media sosial, Simak penjelasan Berikut dengan Teliti.

Di kesempatan kali ini saya akan menerangkan bagaiamana cara memasarkan sebuah produk di Media Sosial. Seperti yang saya jelaskan di atas media sosial itu ada banyak namun saya hanya akan menjelaskan Tips dan trik memasarkan di Facebook.

Kenapa harus dengan facebook?

Alasan kenapa saya memilih facebook di nomer satu untuk meningkatkan trafik di bisnis anda, Karena facebook  sampai  saat ini menjadi Sosial media paling Brand dan paling banyak pengguna setiap harinya.

Ada beberapa Strategi untuk melariskan bisnis anda di facebook. Yang akan saya jelaskan ini bukan hanya penjualan barang saja, tapi juga bisa sobat gunakan untuk meningkatkan trafik website atau Blog yang sedang anda kelola.

Jika jualan Produk Di facebook

Jualan di facebook sebenarnya enggak sesulit yang kita bayangkan. Ada beberapa strategi  mantap yang dapat kita gunakan untuk meningkatakan trafik penjualan anda. Namun ada beberapa Point yang harus anda pahami terlebih dahulu yaitu : Barang jenis apa yang akan anda jual?

Menjual barang apapun itu maka anda harus tau jenis barang apa yang anda jual, Sebagai contoh anda akan jualan baju, Nah saya rasa anda sudah paham jenis barang dari baju.

1. Bisnis Sukses Dengan Fans page
Strategi pemasaran online dengan fanspage

Facebook sudah punya banyak fitur lengkap yang dapat kita gunakan secara gratis, Salah satu fitur paling hebat untuk melariskan barang  adalah dengan fan page. Dengan fan page kita bisa jualann barang di facebook tanpa harus mempunyai blog dan juga toko online.

#1. Pertama kita buat dulu fans page Secara gratis.

#2. Kalau sudah punya fan page saat nya kita mengopimasi fans page agar terlihat sempurna seperti menambahkan Foto Profil dan foto Sampul.

#3. Langkah ketiga adalah memperbanyak like, Semakin banyak like semakin bagus.

#4. Mulailah update Status dengan Produk yang akan kita jual

#5. Perhatikan jumlah like dan jangkau kiriman, Semain banyak yang like Fan page makin banyak pula jangkauan kiriman yang akan anda dapatkan.

#6.  Pastikan produk yang di jual di jabarkan dengan jelas seperti Harga, Foto, Spesifikasi, Keterangan, Lokasi, dan ongkos kirim

#7.  Jawab setiap pertanyaaan yang ada

Ulangi nomer 3 sampai nomer 7 dan sabarlah. Jika anda sebel dengan jumlah jangkauan yang sangat sedikit maka anda bisa menggunakan jasa dari facebook yaitu dengan mempromosikan kiriman di facebook. Tentunya harus ngeluarin duit. Walaupun harus ngeluarin duit tapi hasilnya tidak akan mengecewakan.

Modelnya gini : Semakin banyak membayar dengan facebook maka semakin banyak jangkauan kiriman yang akan anda dapatkan, jika jangkuan yang anda dapatkan semakin banyak berarti produk anda di lihat oleh pengguna facebook yang banyak pula.

Caranya seperti itu mudah bagi yang punya kartu kredit (Pembayaran harus dengan kartu kredit) dan sangat ribet bagi yang belum punya kartu kredit.

Jika anda enggak mau ngeluarin duit maka bisa di lakukan dengan cara gratis, karena gratis yaang pasti prosesnya agak sedikit lamaa.. Yaitu undang teman untuk like Fan page yang telah sobat buat.

Jika Promosi Website untuk menambah pengunjung

Jika sobat punya Blog yang ingin di banjiri dengan pengunjung, maka dengan fan page lah sobat bisa mendapatkan banyak pengunjung tanpa harus berurusan dengan SEO.

Trik nya hampir sama dengan jualann produk namun ada hal yang harus sobat lakukan yaitu dengan menambahkan situs web di fan page yang telah sobat buat.

Terlalu Ribet ya ? Kalo gitu coba cara lain

Jika dengan fan page hanya membuat sobat bingung maka sobat juga bisa melakukan promosi dengan cara yang lain.

2. Meningkatkan Trafik Dengan Groups Facebook

Promosi di Groups yang Relevan, Berpromosi di Group emang enak tinggal di posting doang.  Tapi enggak  se enak itu Bro.. Kita jika ingin Promosi di Groups maka pilihlah Groups yang relevan dengan apa yang akan anda posting. Perhatikan juga aktifitas anggota Di groups, Pastikan Groups banyak anggota dan tergolong masih aktif.

Dan yang terpenting dari yang paling penting adalah Pastikan Groups Tersebut relevan dengan Apa yang sobat promosikan.

Logika nya gini : Jualan Baju di Groups Yang membahas hape, Kalo begitu barang yang anda promosikan pasti sulit untuk laku. Bahkan sang Admin Groups bisa marah dan kiriman anda di angggap sebagai Spam.  Nah maka dari itu pilihlah Groups Sesuai dengan apa yang sobat promosikan.

Kalo saya promosi Link gimana Bro?

Promosi link di Groups Facebook boleh boleh saja. Namun ada trik nya agar link yang  anda bagikan tidak di anggap Spam dan banyak di klik oleh anggota Groups.

Sebelum menyebarkan link lakukan hal berikut:

Aktif dulu di Groups dengan sering update status
Sering-seringlah berkomentar di status orang lain dengan memberikan Solusi
Lakukan dua hal di atas secara berturut-turut sampai orang-orang mengenali anda
Setelah itu Baru bisa update status  dan berkomentar di Groups sambil berpromosi Link

Ingat ! Link yang anda Posting harus benar – benar relevan dan di butuhkan Orang di Groups.

Kesimpulan..

Dua Strategi Di atas termasuk ke dalam strategi sederhana tetapi sangatlah exstrim. Semua pasti akan aman - aman saja jika sobat tidak melanggar peraturan yang di tentukan oleh Facebook. Sebenarnya masih ada lagi startegi lain di facebook selain di cara di atas, namun dengan dua cara di atas saya rasa sudahlah cukup untuk meningkatkan ttrafik di bisnis anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Strategi pemasaran online dengan Media Sosial Facebook"

Post a Comment