Cara Jitu Meningkatkan Pengunjung Blog

Kunci utama kesuksesan ngeblog adalah banyak nya pengunjung. percuma jika anda sudah susah payah buat blog namun pengunjung nya masih sangat minim.

Berbagai cara mungkin telah di lakukan oleh para blogger untuk meningkatkan pengujung blog nya namun terkadang mereka melakukan sesuatu yang berlebihan hingga menyebabkan turun nya jumlah pengunjung .


Penyebab Kenapa Blog Sepi Pengunjung

Blog dengan sedkit pengunjung mungkin akan membuat jengkel diri sendiri. Daripada jengkel lebih baik kita ketahui penyebab nya kenapa Blog kok sepi banget kayak kuburan

1. Baru buat Blog kemarin

Penyebab paling umum Blog sepi adalah Blog yang baru buat kemarin sore (Blog baru). 

Kenapa kok bisa begitu?

Karena Blog baru yang pasti belum di urus secara maksimal, Jumlah posting Blog baru juga belum terlalu banyak. Jadi wajar jika blog masih sepi pengunjung. Karena Blog baru biasanya belum melakukan yang namanya Promosi Blog

2. Konten Kurang menarik

Buat konten Original itu memang bisa meningkatkan pengunjung Blog. Namun jika konten yang anda buat kurang menarik atau jarang di cari orang lain maka usaha anda untuk meningkatkan pengunjung Blog akan kurang maksimal.

3. Cuek dengan Seo

Seperti yang kita ketahui bahwa Mesin pencari adalah sumber trafik terbesar secara gratis. Seo memang sulit untuk di pelajari karena teknik seo selalu berubah setiap waktu. Meskipun begitu anda gak usah terlalu mendalami tentang seo cukup mempelajari dasar-dasarnya saja.

4. Konten Yang sudah basi

Konten yang sudah basi adalah konten yang udah gak enak di baca. Dengan istilah lain konten yang enak di baca hanya ketika waktunya saja. Biasanya ini terjadi cenderung ke Blog Berita.

Cara Jitu Meningkatkan Pengunjung Blog

Setelah tau penyebab Blog sepi pengunjung kini saatnya mencoba tips-tips untuk meningkatkan pengunjung di Blog anda.

Tips-tips di bawah ini Rata-rata gratis tapi ada beberapa yang harus ngeluarin duit

1. Buat konten yang berkualitas dan original

Mungkin hal ini sering di Anggap sepele oleh para blogger yang artikel nya main copas sana copas sini, tapi sebenarnya hal ini bisa menyebabkan tidak datang nya pengunjung karena telah mengetahui bahwa konten yang mereka akan baca ternyata konten palsu alias copas

Nah, maka dari itu mulailah belajar buat artikel sendiri. bahaya lain dari artikel copas adalah mungkin blog anda akan di laporkan sang penulis artikel di mana anda copas dan akan menyebabkan Beberapa masalah seperti di Hapus Google atau hilangnya Blog dari pencarian.

2. Mengenalkan Blog ke mesin pencari (Seo)

Bagi para blogger pemula seperti saya mungkin masih ada yang belum tau ini, Karena mesin pencari merupakan sumber trafik blog terbesar Gratis yang ada di internet. Selain itu, SEO cocok diterapakan untuk segala jenis blog. Entah itu blog niche, blog gado-gado, blog berita,blog micro nice, blog bisnis, blog personal, blog apa aja.

Percuma saja jika anda membuat artikel ratusan namun belum di submit ke search engine seperti Google, yahoo, bing, msn ,ask dan lain-lain.

Salah satu tool gratis untuk memperkenalkan Blog ke Google adalah Google web master Tools dan Bing web master tools.

Namun seo itu bukanlah hal yang mudah, ada sangat banyak trik dan tips agar blog bisa masuk ke mesin pencari dengan sempurna. Nah, maka dari itu saya sangat menyarankan sobat untuk membaca E - book panduan mengoptimalkan mesin tulusur untuk sebuah Blog. Ebook ini di terbitkan Oleh Google dalam bentuk bahasa indonesia.. Silahkan Download Gratis

3. Desain template

Template ternyata juga bisa mempengaruhi datang nya pengunjung ,template yang di sukai pengunjung adalah template yang disain nya simpel , mobile friendly, tidak rumit namun lengkap dan juga fast loading agar pengunjung tidak kecewa menunggu loading yang terlalu lama.

Nah, jika kamu seorang blogger yang suka otak atik template blog dengan menggunakan jaringan wifi, jangan sampai terlalu banyak di modif template nya hingga tidak memikirkan pengguna jaringan operator dan seluler, kasihan pengunjung yang terlalu lama nunggu loading hingga tidak mau datang lagi

Karena pengunjung itu pasti nyari konten yang berkualitas, Enggak butuh tampilan namun agar lebih maksimal lagi Mau gak mau Template anda harus di Desain sebagaimana memudahkan pengunjung untuk menulusuri seluruh halaman di Blog anda seperti Menambah widget.

Ada 3 Widget bawaan Blogger Yang paling umum di pasang :

  • Entri Populer
  • Label
  • Arsip

4. Promosi ke sosial media

Hal ini mungkin sudah tak jarang di lakukan para blogger untuk meningkatkan jumlah pengunjung. yaitu dengan menyebarkan link di facebook ,dengan membuat fanspage atau juga bisa dengan mengirim pesan ke orang orang.

Namun perlu di ingat !!!  hal ini boleh di lakukan kapan saja dan di mana saja tapi anda jangan se enaknya nyebarin link ke orang-orang di sosial media, orang yang menerima link justru akan merasa terganggu apabila anda terlalu banyak menyebarkan link dan anda akan di anggap sebagai spam.

Hal itu justru menyebabkan promosi link anda di abaikan orang hingga menyebabkan turun nya pengunjung blog.

5. Update artikel secara rutin

Untuk update artikel secara rutin adalah kendala yang besar bagi para blogger. tidak hanya rasa malas namun juga rasa bingung untuk menentukan apa yang akan di tulis di Blog. dan blog yang secara rutin update artikel baru akan terlihat bahwa blog nya masih hidup.

Seperti yang di katakan om Eka Lesmana pada vidio tutorial di atas  "lebih baik update rutin satu hari satu artikel daripada enggak pernah update sekali update langsung seratus artikel itu gak baik namanya"

6. Menulis URL blog  di uang

Cara ini memang konyol, namun sudah terbukti untuk meningkatkan pengunjung blog ,karena uang akan dengan cepat menyebar ke mana-mana.

7. Setting setiap Home Page browser di komputer laboratorium sekolahan dan Warnet

Cara ini sangatlah exstrim agar blog banyak pengunjung ,karena di laboratorium komputer sekolah setiap harinya pasti di gunakan untuk praktek jadi setiap mereka praktek mereka akan buka browser mozilla/chrome dan yang terbuka di halaman pertama adalah blog kita.

Keren bukan?

8. Hubungkan topik yang di bahas dengan artikel lain dengan internal link

Interaksi dari Postingan ke Artikel lain sangatlah membantu. Pertama, itu membantu Anda dalam menyediakan bukti mengenai pemikiran Anda dan juga membantu pembaca terhubung dengan artikel anda lainnya yang berguna.

Seperti Blog ini saya selalu menghubungkan topik yang saya bahas dengan artikel lain contohnya di dalam postingan saya yang berjudul Cara membuat Blog di Blogger maka di bawahnya saya kasih tulisan Permalink   Baca juga :  Strategi pemasaran online dengan Media Sosial Facebook


Nah, dengan Begitu pengunjung akan tertarik untuk untuk klik link yang telah kita buat tadi.

9. Share setiap artikel baru di komunitas Google +

Cara meningkatkan pengunjung Selanjutnya adalah dengan share artikel di komunitas google plus walaupun lingkaran di G+ masih sangat minim. Cara ini sudah sering saya lakukan karena di komunitas Google+ ini karena tautan yang di share akan di lihat oleh anggota komunitas Google plus.

Namun anda harus pintar memilih komunitas G+ yang anggota nya banyak dan memilih nama komunitas yang cocok dengan tema artikel yang anda bagikan.

10. Buat menu navigasi

Adanya menu navigasi di blog memang sudah menjadi kewajiban. tapi Bagi Blogger pemula masih ada yang belum tau apa itu menu navigasi.

Tampilan tergantung template
Menu navigasi adalah menu yang berfungsi untuk memudahkan pengunjung menelusuri artikel di Blog anda. biasanya di menu navigasi yang saya temukan Di blog-blog orang lain ketika di klik akan menuju ke label.. tetapi akan lebih bagus lagi jika langsung menuju ke postingan.

11. Berkomentar di Blog orang lain  (Blogwalking)

Berkomentar di Blog orang lain memang cara yang terbilang mudah Meskipun cara ini nggak akan bisa membuat blog anda langsung ramai kayak pasar, tapi menurut saya cukup penting khususnya bagi blogger pemula seperti saya.

Tidak hanya mendatangkan pengunjung, Blogwalking juga bisa untuk menjalin silaturahmi sesama Blogger.

12. Menulis Url blog di baju

Cara yang ini memang enggak gratis, anda harus ngeluarin sedikit uang untuk mendisain baju yang bertuliskan Url blog anda. Setelah itu pakailah baju tersebut ke tempat yang ramai.
Walaupun anda enggak punya keahlian untuk Desain baju tapi sekarang anda bisa mulai mendesain baju Online dengan mudah di Ciptaloka.com

13.Aktif di situs tanya jawab

Di situs tanya jawab anda juga bisa mendapatkan tambahan pengunjung. caranya yaitu dengan menjawab pertanyaan yang ada di situs tersebut.

Jika orang-orang di situs tanya jawab sudah kenal dengan anda, Nah di kesempatan itulah anda baru boleh mencantumkan Link di setiap jawaban yang anda kirimkan.

Berikut ini adalah situs tanya jawab yang bisa anda coba :
14. Bagi-bagi sesuatu gratis

Siapa sih yang enggak suka dengan gratisan? Nah, jika pengunjung blog anda ingin bertambah maka anda juga harus bisa bagi-bagi gratis seperti E-book, Template Blog dan macam-macam untuk pengunjung Blog anda.

Jika pengunjung suka dengan sesuatu yang anda bagikan secara gratis maka saya yakin pengunjung itu akan balik lagi ke blog anda karena ingin mencari sesuatu gratisan selanjutnya yang telah anda bagikan.  Bahkan pengunjung itu akan menginformasikan dengan teman nya bahwa Blog anda sedang bagi-bagi gratis maka dari itu blog anda akan mendapat tambahan pengunjung.
    15. Pasang iklan Di blog orang lain 

    Cara yang ini memang jarang di lakukan oleh Blogger karena enggak Gratis, Walaupun saya sendiri Belum pernah melakukan cara yang ini tapi saya yakin jika anda mau melakukan nya Pengunjung Blog anda akan meningkat.

    16. Pasang iklan Di Google AdWords

    Google AdWord adalah situs jaringan periklanan Terbesar yang sedang di kelola Oleh internet Raksasa Google. Cara yang satu ini masih jarang banget yang melakukan  nya dengan alasan karena harus bayar. Tapi jika anda punya uang yang cukup enggak ada salahnya jika mcencoba beriklan di Google AdWord.

    17. Buat konten kontroversial

    Konten kontroversial adalah konten yang isinya agak bertentangan dengan Publik, Konten kontroversial bisa menarik pengunjung Dengan cepat dan juga mudah untuk melakukan promosi di media sosial. Namun anda harus siap-siap menerima Resiko dari Konten yang anda buat. Yaitu di bully banyak haters


    18. Lain nya??

    Yang terpenting adalah usaha yang keras dan sabar. karena setelah anda melakukan 15 hal dia atas enggak mungkin pengunjung bakal datang secepat kilat.

    Semua itu butuh proses dan waktu yang enggak sebentar agar Blog ramai pengunjung dan juga ramai komentar.

    Nah, saya kira cuma itu agar blog banyak pengunjung ,semoga artikel di atas bermanfaat buat kita semua. Terima kasih.

    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "Cara Jitu Meningkatkan Pengunjung Blog"

    Post a Comment